(021)-7983208 EXT 5071 kaltacisrt@kmail24.co.id

Layanan CSIRT BAIS

CSIRT BAIS akan membantu sistem administrasi dalam menangani aspek-aspek teknis dan organisasi dari insiden. Khususnya, tim akan memberikan bantuan atau saran pada aspek-aspek manajemen insiden berikut ini:

Triase Insiden.
Menginvestigasi apakah benar-benar sebuah insiden terjadi dan menentukan luasnya insiden tersebut.
 
 
Koordinasi Insiden.
  • Menentukan penyebab awal dari insiden (pemanfaatan kepekaan/kelemahan).
  • Memfasilitasi kontak dengan pihak lain yang mungkin terlibat.
  • Memfasilitasi kontak dengan tim Keamanan CSIRT BAIS lainnya. dan/atau sesuai Undang-undang resmi yang sesuai, bila perlu.
  • Membuat laporan untuk tim CSIRT BAIS yang lain.
  • Menyusun pemberitahuan/pengumuman kepada para user/pengguna, bila diperlukan.
 
Resolusi Insiden.
  • Menghilangkan kelemahan, dilakukan oleh pihak yang dilaporkan.
  • Mengamankan sistem dari efek-efek insiden, dilakukan oleh pihak yang dilaporkan.
  • Mengevaluasi apakah tindakan tertentu memungkinkan untuk memperoleh hasil-hasil yang sebanding dengan biaya dan resikonya, khususnya tindakan- tindakan yang ditujukan pada suatu tuntutan atau tindakan disipliner: mengumpulkan bukti nyata, observasi akan satu insiden yang sedang terjadi, menyeting jebakan untuk para penyusup, dan lain-lain. Dilakukan oleh penegak hukum atau pihak terkait lainnya sesuai peraturan Perundangan yang berlaku.
  • CSIRT BAIS akan mengumpulkan statistik mengenai insiden yang terjadi dalam atau yang melibatkan komunitas CSIRT, dan akan menotifikasi komunitasnya seperlunya untuk membantu melindungi dari serangan- serangan yang dikenal.

Layanan Tambahan.
Layanan tambahan dari CSIRT BAIS merupakan layanan proaktif, yaitu :
  1. Menyelenggarakan kegiatan workshop vulnerability assessment di lingkungan BAIS TNI.
  2. Menyelenggarakan layanan Security Assessment pada aplikasi tertentu di BAIS TNI.
  3. Menyelenggarakan sosialisasi keamanan siber di lingkungan BAIS TNI. 

© CSIRT BAIS TNI. All Rights Reserved. 2024