(021)-7983208 EXT 5071 kaltacisrt@kmail24.co.id

By Admin in Peringatan Keamanan 

October 30, 2023

4 Ancaman Siber Teratas yang Umum Menyasar UMKM Asean

Kaspersky, perusahaan yang berfokus pada keamanan siber, mendeteksi terdapat 4 serangan yang sering menyerang UMKM Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Salah satu serangan tersebut adalah Trojan. Perusahaan keamanan siber global, Kaspersky, melaporkan terdapat total 44.022 serangan malware yang menargetkan karyawan usaha kecil dan menengah (UMKM) di Asia Tenggara (SEA) meningkat sebesar 364 persen selama semester I 2023. Adapun periode yang sama tahun lalu hanya 9.482 serangan. 

Berikut adalah Ancaman Teratas yang Menargetkan UMKM di Asia Tenggara: 

1. Eksploitasi Malware.  Perangkat lunak yang tidak diinginkan sering kali memasuki komputer korban melalui eksploitasi, yaitu program jahat yang dirancang untuk mengeksploitasi kerentanan perangkat lunak. Penjahat siber dapat menjalankan malware lain di sistem, meningkatkan hak istimewa penyerang, menyebabkan aplikasi korban mogok, dan banyak lagi. 

2. Trojan. Jenis ancaman ini adalah yang paling terkenal. Dia menyusup ke sistem dengan menyamar sebagai sesuatu yang ‘indah’ dan kemudian melakukan aktivitas jahatnya. Tergantung pada tujuannya, Trojan dapat melakukan berbagai tindakan, seperti menghapus, memblokir, mengubah atau menyalin data, mengganggu kinerja komputer atau jaringan komputer, dll. 

3. Backdoors. Hal ini merupakan salah satu jenis malware yang paling berbahaya karena begitu memasuki perangkat korbannya, ia langsung memberikan kendali jarak jauh kepada penjahat dunia maya. Penjahat siber dapat menginstal, meluncurkan dan menjalankan program tanpa sepengetahuan atau persetujuan pengguna. Setelah terinstal, pintu belakang dapat diinstruksikan untuk mengirim, menerima, mengeksekusi, dan menghapus file, memulihkan data rahasia dari komputer, mencatat aktivitas, dan banyak lagi. 

4. Not-a-virus. Aplikasi yang mungkin tidak diinginkan yang terinstal secara tidak sengaja di perangkat Anda telah diklasifikasikan sebagai non-virus. Meskipun ancaman ini termasuk dalam kategori yang paling luas dan dapat digunakan oleh penjahat dunia maya untuk menimbulkan kerugian. Meskipun perilakunya mengganggu, terkadang berbahaya, dan perangkat lunak antivirus memperingatkan pengguna karena, meskipun sah, mereka sering kali menyelinap ke perangkat tanpa disadari oleh pengguna. Penjahat siber berupaya mengirimkan malware ke perangkat karyawan dengan menggunakan cara apa pun yang diperlukan, seperti eksploitasi kerentanan, email phishing, dan pesan teks palsu, link YouTube bisa digunakan untuk menyasar UMKM. Metode yang umum digunakan untuk meretas ponsel karyawan adalah menggunakan smishing, kombinasi SMS dan phishing. Anda akan menerima tautan melalui SMS, WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat, atau aplikasi perpesanan lainnya. Jika Anda mengeklik tautan tersebut, kode berbahaya akan diunduh ke sistem.

Back To Posts

Recent Post

© CSIRT BAIS TNI. All Rights Reserved. 2024