(021)-7983208 EXT 5071 kaltacisrt@kmail24.co.id

By Admin in Peringatan Keamanan 

September 24, 2023

Tips Menghindari Peretasan pada Aplikasi Whatsapp

Keamanan dalam bermedia sosial atau mengoperasikan gadget kini sudah menjadi hak privasi seseorang. Namun, tak jarang masih terjadi peretasan yang dialami pada aplikasi gadget sehingga mengancam privasi. Salah satu yang tak jarang terjadi adalah peretasan pada aplikasi Whatsapp. Kini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia. Di tengah kepopulerannya, muncul risiko keamanan informasi dalam penggunaannya berikut ini cara mudah melindungi akun WhatsApp.

1.         Aktifkan verifikasi dua langkah. Verifikasi dua langkah adalah fitur keamanan WhatsApp. Aplikasi ini meminta kode verifikasi tambahan saat seseorang menggunakan akun Anda dari perangkat lain. Fitur ini bisa diaktifkan dengan cara membuka setelan, kemudian pilih akun, dan tekan verifikasi dua langkah.

2.         Jangan berikan kode verifikasi. Kode verifikasi WhatsApp terdiri dari enam digit yang dikirimkan ke nomor Anda saat mencoba masuk dari perangkat baru. Jangan bagikan kode verifikasi ini kepada siapapun, karena dapat membuka jalan seseorang mengakses akun WhatsApp Anda.

3.         Lindungi perangkat dengan kata sandi atau sidik jari. Ingatlah untuk mengunci perangkat Anda dengan kata sandi atau sidik jari. Sehingga jika perangkat Anda hilang atau dicuri, orang yang menemukannya tidak dapat langsung mengakses akun WhatsApp Anda.

4.         Pastikan aplikasi WhatsApp Anda selalu up to date. WhatsApp secara teratur merilis pembaruan sistem keamanan untuk aplikasinya. Pastikan selalu memperbarui aplikasi ke versi terbaru, sehingga WhatsApp Anda mendapatkan perlindungan terkini.

5.         Hapus postingan dari waktu ke waktu. Ingatlah untuk secara teratur menghapus pesan penting dan rahasia dari WhatsApp Anda, terutama jika berisi informasi pribadi atau sensitif.

6.         Hati-hati dengan pesan yang berisi tautan atau lampiran. Jangan mengklik tautan atau membuka lampiran tidak dikenal dari pesan yang Anda terima di WhatsApp. Sebab, tautan atau lampiran ini mungkin mengandung virus atau malware yang dapat merusak perangkat atau bahkan membahayakan privasi Anda.

7.         Jangan berbagi informasi pribadi atau rahasia. Jangan membagikan informasi pribadi atau rahasia melalui WhatsApp, terutama jika Anda tidak mengenal orang yang meminta informasi tersebut.

8.         Jangan masuk ke akun WhatsApp Anda dari perangkat yang tidak dikenal. Jangan masuk ke akun WhatsApp Anda dari perangkat yang tidak dikenal atau perangkat milik orang lain. Hal itu dapat membuka jalan bagi orang tersebut untuk mengakses akun WhatsApp Anda. (saat menngunakan WhatsApp Web pastikan di jalankan di laptop/PC sendiri dan setelah digunakan harus di Sign Out bukan Close browser)

Back To Posts

Recent Post

© CSIRT BAIS TNI. All Rights Reserved. 2024