(021)-7983208 EXT 5071 kaltacisrt@kmail24.co.id

By Admin in Phishing 

January 30, 2024

Hacker Manipulasi Halaman 404 untuk Curi Kartu Kredit

Perusahan keamanan siber Akamai Security Intelligence Group mengidentifikasi teknik baru yang digunakan hacker. Para peretas menggunakan teknik manipulasi error 404 untuk mencuri kartu kredit dan mengurasnya. Teknik yang digunakan salah satu dari tiga varian yang sedang diamati para ahli saat ini. Dua teknik lainnya menyembunyikan kode dalam atribut 'onerror' tag gambar HTML dan biner gambar agar muncul sebagai cuplikan kode Meta Pixel. Akamai menyebutkan teknik manipulasi error 404 sangat menarik perhatian. Mengingat, hacker akan membajak halaman kesalahan 404 di situs web jual beli online. 

Serangan berfokus pada situs Magento dan WooCommerce, dengan beberapa korban terkait dengan organisasi terkenal di sektor makanan dan ritel. Adapun kelompok hacker yang menggunakannya adalah Magecart. Para hacker akan memanfaatkan halaman default '404 Not Found' untuk menyembunyikan dan memuat kode pencuri kartu kredit berbahaya, yang belum pernah digunakan oleh kelompok lain atau terlihat dalam serangan-serangan sebelumnya. “Teknik penyembunyian ini sangat inovatif dan sesuatu yang belum pernah kami lihat dalam kampanye Magecart sebelumnya. Ide memanipulasi halaman kesalahan 404 default dari situs web yang ditargetkan dapat menawarkan berbagai opsi kreatif kepada para aktor Magecart untuk meningkatkan persembunyian dan penghindaran. 

Setelah diperiksa lebih dekat, ditemukan pemuat berisi pencocokan ekspresi reguler yang mencari string tertentu dalam HTML yang dikembalikan pada laman 404. Setelah menemukan string di halaman berkode base64 gabungan yang disembunyikan dalam komentar. Penguraian kode string tersebut mengungkapkan skimmer JavaScript, yang bersembunyi di seluruh halaman 404. Kode skimmer menampilkan formulir palsu yang harus diisi pengunjung situs web dengan rincian sensitif, termasuk nomor kartu kredit, tanggal kedaluwarsa, dan kode keamanan. Setelah data ini dimasukkan pada formulir palsu, korban mendapat kesalahan batas waktu sesi palsu. Di latar belakang, semua informasi dikodekan base64 dan dikirim ke penyerang melalui URL permintaan gambar yang membawa string sebagai parameter kueri. Pendekatan ini membantu menghindari deteksi oleh alat pemantauan lalu lintas jaringan. 

WASPADA AKAN KEJAHATAN PHISING SEMAKIN TERUS BERKEMBANG TEKNIKNYA

Back To Posts

Recent Post

© CSIRT BAIS TNI. All Rights Reserved. 2024