(021)-7983208 EXT 5071 kaltacisrt@kmail24.co.id

By Admin in Phishing 

March 21, 2024

Ancaman Kejahatan Siber Quishing dalam Transaksi Elektronik dengan Teknologi QR


Ancaman Kejahatan Siber 'Quishing' dalam Transaksi Elektronik dengan Teknologi QR
  
Kejahatan siber semakin mengintensifkan ancamannya, dan salah satu modus terbaru yang menjadi perhatian adalah "quishing". Quishing menggabungkan teknik phishing dengan QR untuk mencuri informasi pribadi, keuangan, dan kredensial pengguna. BRI berkomitmen untuk terus memberikan pemahaman kepada nasabahnya agar dapat mengidentifikasi dan menghindari ancaman ini. "Quishing merupakan tindakan penipuan dan kejahatan yang dapat menimbulkan kerugian baik bagi bank maupun masyarakat. Pihak Bank atau instansi terkait diharapkan dapat memberikan peringatan dan edukasi kepada masyarakat terkait risiko kejahatan siber yang melibatkan teknologi Quick Response (QR) dalam transaksi pembayaran elektronik sehingga masyarakat dapat terhindar dari ancaman tersebut serta diharapkan awareness dan kewaspadaan masyarakat semakin meningkat. 
.
Berikut langkah-langkah yang dapat diambil untuk melindungi diri dari quishing, khususnya dalam transaksi pembayaran elektronik:
 
1. Verifikasi Kode QR: Pastikan kode QR berasal dari sumber resmi dan bonafide. Konfirmasikan nama pedagang dengan informasi pada QRIS untuk memastikan keabsahan transaksi.
 
2. Periksa Informasi Transaksi: Sebelum melakukan konfirmasi pembayaran, periksa seluruh informasi transaksi. Pastikan jumlah pembayaran dan detail transaksi sesuai dengan yang diinginkan. 
 
3. Hindari Membagikan Informasi Sensitif: Gunakan saluran transaksi yang aman, seperti aplikasi resmi lembaga keuangan. Tidak membagikan informasi sensitif melalui saluran yang tidak aman. 
 
4. Perbarui Aplikasi Perbankan: Pastikan aplikasi perbankan dan keamanan perangkat selalu terbarui untuk mengurangi risiko eksploitasi kelemahan keamanan.
 
5. Gunakan Koneksi Internet yang Aman: Lakukan transaksi menggunakan koneksi internet yang aman. Hindari penggunaan jaringan Wi-Fi publik yang tidak terlindungi.
 
6. Laporkan Aktivitas Mencurigakan: Laporkan segera ke layanan pelanggan lembaga keuangan jika menemukan aktivitas atau transaksi yang mencurigakan terkait QRIS.

Back To Posts

Recent Post

© CSIRT BAIS TNI. All Rights Reserved. 2024