(021)-7983208 EXT 5071 kaltacisrt@kmail24.co.id

By Admin in Peringatan Keamanan 

August 10, 2023

Cara Mencegah Serangan Ransomware Yang Dapat Mengunci Dan Mencuri Data

Cara mencegah serangan ransomware sebenarnya tidak sulit hanya saja dibutuhkan cara-cara sederhana yang mungkin selama ini tidak disadari. Serangan siber yang sekarang terus meningkat popularitasnya celah/pintu masuknya tetap pada pengguna. Jika mendapat akses maka ransomware bekerja dengan memblokir atau mengenkripsi data pada sistem komputer atau jaringan. Kemudian, meminta tebusan agar data tersebut bisa diakses kembali.

Cara Kerja Ransomware.             Ransomware beroperasi dengan cara mengenkripsi file yang ada pada korban dan untuk melakukan hal ini para pelaku sering menggunakan teknik canggih yang dinamakan “phishing”. Phishing adalah teknik serangan malware yang mengatasnamakan email resmi atau situs web yang sah. Tujuannya untuk meminta data sensitif pengguna, atau menarik pengguna ke situs palsu yang berbahaya sehingga penyerang mendapat akses masuk. 

Dampak Ransomware.     Ransomware memiliki dampak yang sangat merugikan bagi individu maupun bisnis yang terkena serangan. Dampak terburuk dari serangan ransomware adalah ketidakmampuan untuk mengakses data yang terenkripsi sehingga mengakibatkan kerugian seperti data yang hilang, dampak finansial dari uang tebusan yang dibayarkan. Selain itu, serangan ransomware juga dapat mengakibatkan downtime pada sistem. 

Cara Menghindari Ransomware.           Sebelum berhadapan dengan bahaya ransomware, tindakan dasar yang mesti diambil adalah pencegahan. Setidaknya, ada beberapa tindakan yang dapat anda dilakukan, seperi berikut ini: 

1.         Menggunakan Antivirus Berkualitas.              Cara mencegah serangan ransomware paling dasar yaitu menggunakan program antivirus yang kuat dan up to date. Sehingga, sistem komputer milikmu benar-benar tangguh dari serangan ransomware.

2.         Meningkatkan Kesadaran Security pada Pengguna.          Edukasi dan pelatihan bagi pengguna terhadap teknik-teknik perlindungan terhadap serangan siber umum serta tindakan apa yang harus dilakukan saat ditemukan link atau file yang mencurigakan melalui email atau website. 

3.         Update Sistem secara Reguler.             Sistim operasi yang terbaru memiliki fitur keamanan dan patch yang dilengkapi dengan perbaikan terbaru untuk sistem keamanan, sehingga perlu diperbarui secara rutin. 

4.         Backup Berkala Data yang Penting.                 Cara mencegah serangan ransomware yang terakhir adalah melakukan backup data secara teratur. Data yang ada pada sistem terkait akan mempermudah dan mempercepat kebijakan restore saat terkena serangan ransomware.


Penutup.
Demikiannya sedikit petunjuk cara mencegah serangan ransomware. Ingat, keamanan data kuncinya adalah cara kita sendiri dalam menggunakan sistem. Untuk itu, selalulah bersikap waspada dalam setiap tindakan. Tingkatkan SELF AWARENES agar mengurangi dampak resiko serangan siber. 

Back To Posts

Recent Post

© CSIRT BAIS TNI. All Rights Reserved. 2024